Kamis, 22 Agustus 2024

TAHSIN & TAHFIDZ KELAS 4B/I (Pertemuan ke 5)

 

 MATERI AJAR TAHSIN & TAHFIDZ

 

Nama Guru         :Enden Salamah, S.Pd.

Materi                 :Makhorijul Huruf dan Setoran Hafalan QS. Al-Gasyiyah 1-13

Kelas                   :4B

Hari/Tanggal       :Jum'at, 23 Agustus 2024

Semester             :1 (Ganjil)

Pertemuan ke     : 5 (Kelima)

 

Tujuan Pembelajaran :

1.       Mampu memahami Al-Qur'an dengan baik dan benar sesuai tahsin tajwidnya.

2.       Mampu menghafal dengan lancar.

Bismillahirrohmanirrohiim..

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Selamat pagi anak sholih dan sholihah SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung, semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan perlindungan dari Allah SWT.

Baik, pada kesempatan hari ini kita akan belajar tentang Makhorijul Huruf dan setoran hafalan QS. Al-Gasyiyah 1-13

Materi Pembelajaran :

1t    Makhorijul Huruf:

M    Makhorijul huruf artinya tempat keluar huruf, pengucapan makhorijul huruf sangat penting dalam     membaca al-qur'an. Karena kesalahan pada makhorijul huruf dapat menyebabkan perubahan arti kata.  Secara global makhorijul huruf ada lima:

      1. Rongga mulut dan tenggorokan (al-jauf)

      2. Tenggorokan (al-halqu)

      3. Lidah (al-lisanu)

      4. Bibir (assyafatu)

      5. Rongga hidung (al-khoisyumu)

      Teks Q.S Al-Gasyiyah:

                   

 
  Bacaan AlQuran Merdu Surat Al Ghasyiyah -Murottal Juz Amma Anak  Perempuan-Murottal Juz30 Metode Ummi 

 

Siswa menyimak dan memahami bacaan Al-Qur’an berikut ini dengan baik dan benar sesuai yang di talaqi ibu guru di kelas.

 

         Skenario Pembelajaran : 

m   memahami tentang Al-Qur'an

m   murojaah  (membaca secara bersama-sama) di kelas sebelum mulai menghafal.

2.   Mengulang-ulang bacaan yang masih perlu diperbaiki .

3.      Guru menjelaskan hukum bacaan tajwid yang perlu dibenahi dengan cara menjelaskan secara teoritik di papan tulis.

4.      Guru membaca ayat yang menjadi contoh materi tajwid yang sedang difahami bersama, diikuti oleh seluruh siswa di kelas.

5.      Siswa mulai menghafalkan  surat yang menjadi jadwalnya untuk dihafal secara individu.

6.      Siswa menyetorkan hafalan kepada guru untuk selanjutnya diambil nilai secara individu.

Evaluasi :

Alhamdulillahirobbil’alamiin, itulah tadi pembelajaran tahsin tahfidz kita pada hari ini. Semoga apapun yang telah kita pelajari hari ini bisa menjadi ilmu yang berkah, manfaat dan selalu Allah SWT. jaga hafalan kita agar kelak dapat menjadi syafa’at di akhirat. Aamiin yarobbal’alamiin..

Tugas :

Untuk tugas hari ini yaitu melanjutkan hafalan di rumah masing-masing, dengan harapan pada pertemuan selanjutnya siswa mampu menyetorkan kepada guru dengan baik, benar dan lancar. Terimakasih.

Demikian uraian materi tahsin tahfidz pada hari ini. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Terimakasih, Ummi akhiri..

Wallahulmuwaafiq ilaa aqwamitthoriq, Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TAHSIN TAHFIDZ KELAS 4B/II (Pertemuan ke 31)

  MATERI AJAR TAHSIN & TAHFIDZ                                                                Nama Guru             :Enden Salamah, S.P...