Selasa, 24 September 2024

TAHSIN TAHFIDZ KELAS 2A dan 2B/I (Pertemuan ke 10)

  MATERI AJAR TAHSIN & TAHFIDZ

 

Nama Guru         :Enden Salamah, S.Pd.

Materi                 :Hafalan Q.S Al-Bayyinah ayat 1-4

Kelas                   :2A dan 2B

Hari/Tanggal       :Rabu, 25 September 2024

Semester             :1 (Ganjil)

Pertemuan ke     : 10 (sepuluh)

 

Tujuan Pembelajaran :

1.       Mampu memahami Al-Qur'an dengan baik dan benar sesuai tahsin tajwidnya.

2.       Mampu menghafal dengan lancar. 

       Mampu menjaga hafalan.

Bismillahirrohmanirrohiim..

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Selamat pagi anak sholih dan sholihah SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung, semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan perlindungan dari Allah SWT.

Baik, pada kesempatan hari ini kita akan setoran hafalan Al-qur'an, Q.S Al-Bayyinah ayat 1-4

Sebelum melanjutkan hafalan ke surah selanjutnya, anak-anak umi yang shalih shalihah kita murojaah bersama hafalan yang minggu lalu yaitu QS. Az-Zalzalah. 

alhamdulillah kita telah selesai murojaah, selanjutnya umi akan memanggil satu persatu siswa siswi sesuai absen untuk maju ke depan menyetorkan hafalan Q.S Al-Bayyinah ayat 1-4

Materi Pembelajaran :

1.      Teks Q.S Al-Bayyinah 

  Surat Al Bayyinah Ayat 1-8 Arab, Latin dan Arti Terjemahan | Juz Amma

 

Siswa menyimak dan memahami bacaan Al-Qur’an berikut ini dengan baik dan benar sesuai yang di bacakan umi di kelas, selanjutnya umi akan memanggil satu persatu siswa siswi untuk maju ke depan  menyetorkan hafalan dengan baik dan benar sesuai tahsin tajwidnya. Anak-anak umi yang shalih shalihah menyetorkan hafalan dari ayat 1-4

        Skenario Pembelajaran : 

m    memahami tentang Al-Qur'an

m    murojaah  (membaca secara bersama-sama) di kelas sebelum mulai menghafal.

2.    Mengulang-ulang bacaan yang masih perlu diperbaiki .

3.       Guru menjelaskan hukum bacaan tajwid yang perlu dibenahi dengan cara menjelaskan secara teoritik di papan tulis.

4.       Guru membaca ayat yang menjadi contoh materi tajwid yang sedang difahami bersama, diikuti oleh seluruh siswa di kelas.

5.       Siswa mulai menghafalkan  surat yang menjadi jadwalnya untuk dihafal secara individu.

6.       Siswa menyetorkan hafalan kepada guru untuk selanjutnya diambil nilai secara individu.

Evaluasi :

Alhamdulillahirobbil’alamiin, itulah tadi pembelajaran tahsin tahfidz kita pada hari ini. Semoga apapun yang telah kita pelajari hari ini bisa menjadi ilmu yang berkah, manfaat dan selalu Allah SWT. jaga hafalan kita agar kelak dapat menjadi syafa’at di akhirat. Aamiin yarobbal’alamiin..

Tugas :

Untuk tugas hari ini yaitu melanjutkan hafalan di rumah masing-masing, dengan harapan pada pertemuan selanjutnya siswa mampu menyetorkan kepada guru dengan baik, benar dan lancar serta siswa siswi diharapkan selalu murojaah hafalan yang sudah di setorkan, Terimakasih.

Demikian uraian materi tahsin tahfidz pada hari ini. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Terimakasih, Ummi akhiri..

Wallahulmuwaafiq ilaa aqwamitthoriq, Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TAHSIN TAHFIDZ KELAS 4B/II (Pertemuan ke 31)

  MATERI AJAR TAHSIN & TAHFIDZ                                                                Nama Guru             :Enden Salamah, S.P...