Minggu, 01 September 2024

TAHSIN & TAHFIDZ KELAS 2C/I (Pertemuan ke 7)

 

  MATERI AJAR TAHSIN & TAHFIDZ

 

Nama Guru     :Enden Salamah, S.Pd.

Materi             : Hukum nun mati atau tanwin dan setoran hafalan yang sudah di hafal (murojaah)

Kelas               :2C

Hari/Tanggal   :Senin, 2 September 2024

Semester          :1 (Ganjil)

Pertemuan ke   :7 (ketujuh)

 

Tujuan Pembelajaran :

1.       Mampu memahami Al-Qur'an dengan baik dan benar sesuai tahsin tajwidnya.

2.       Mampu menghafal dengan lancar.

Bismillahirrohmanirrohiim..

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Selamat pagi anak sholih dan sholihah SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung, semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan perlindungan dari Allah SWT.

Baik, pada kesempatan hari ini kita akan belajar tentang hukum nun mati atau tanwin dan setoran hafalan yang sudah di hafal, anak-anak murojaah hafalan lalu di simak oleh umi.

Materi Pembelajaran :

Hukum Nun Mati Dan Tanwin (Idzhar, Idgham, Iqlab, Ikhfa') | Tajwid Mudah -  YouTube  

 

        1. Idzhar

           Idzhar artinya jelas atau terang, nun mati atau tanwin dibaca jelas tanpa menahan      ghunnah.

h    2. Idghom bigunnah

           Idghom bigunnah artinya masuk disertai gunnah (dengung). Nun mati atau tanwin dimasukkan kedalam huruf berikutnya disertai menahan gunnah sekitar dua harakat.

       3. Idghom bilagunnah

           Masuk tanpa gunnah. Nun mati atau tanwin dimasukkan ke huruf berikutnya tanpa adanya gunnah ketika bertemu huruf ra dan la

       4. Iklab

           Iklab artinya membalik atau merubah. Nun mati atau tanwin dirubah seperti mim disertai menahan ghunnah sekitar dua harokat ketika bertemu huruf ba.

       5. Ikhfa

           Ikhfa artinya menyamarkan. Nun mati atau tanwin dibaca samar antara idzhar dan idghom disertai menahan ghunnah sekitar dua harakat ketika bertemu huruf  (ك),  (ق),  (ف),  (ظ),  (ط),  (ض), (ص),  (ش), (س),  (ز),  (ذ), (د), (ج),  (ث),  (ت).



       Skenario Pembelajaran : 

m   memahami tentang Al-Qur'an

m   murojaah  (membaca secara bersama-sama) di kelas sebelum mulai menghafal.

2.   Mengulang-ulang bacaan yang masih perlu diperbaiki .

3.      Guru menjelaskan hukum bacaan tajwid yang perlu dibenahi dengan cara menjelaskan secara teoritik di papan tulis.

4.      Guru membaca ayat yang menjadi contoh materi tajwid yang sedang difahami bersama, diikuti oleh seluruh siswa di kelas.

5.      Siswa mulai menghafalkan  surat yang menjadi jadwalnya untuk dihafal secara individu.

6.      Siswa menyetorkan hafalan kepada guru untuk selanjutnya diambil nilai secara individu.

Evaluasi :

Alhamdulillahirobbil’alamiin, itulah tadi pembelajaran tahsin tahfidz kita pada hari ini. Semoga apapun yang telah kita pelajari hari ini bisa menjadi ilmu yang berkah, manfaat dan selalu Allah SWT. jaga hafalan kita agar kelak dapat menjadi syafa’at di akhirat. Aamiin yarobbal’alamiin..

Tugas :

Untuk tugas hari ini yaitu melanjutkan hafalan di rumah masing-masing, dengan harapan pada pertemuan selanjutnya siswa mampu menyetorkan kepada guru dengan baik, benar dan lancar. Terimakasih.

Demikian uraian materi tahsin tahfidz pada hari ini. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Terimakasih, Ummi akhiri..

Wallahulmuwaafiq ilaa aqwamitthoriq, Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TAHSIN TAHFIDZ KELAS 4B/II (Pertemuan ke 31)

  MATERI AJAR TAHSIN & TAHFIDZ                                                                Nama Guru             :Enden Salamah, S.P...