MATERI AJAR TAHSIN & TAHFIDZ
Nama Guru :Enden Salamah, S.Pd.
Materi : Hukum nun mati atau tanwin dan setoran hafalan yang sudah di hafal (murojaah)
Kelas :2C
Hari/Tanggal :Senin, 2 September 2024
Semester :1 (Ganjil)
Pertemuan ke :7 (ketujuh)
Tujuan Pembelajaran :
1. Mampu memahami Al-Qur'an dengan baik dan benar sesuai tahsin tajwidnya.
2. Mampu menghafal dengan lancar.
Bismillahirrohmanirrohiim..
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Selamat
pagi anak sholih dan sholihah SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung, semoga kita
semua selalu diberikan kesehatan dan perlindungan dari Allah SWT.
Baik,
pada kesempatan hari ini kita akan belajar tentang hukum nun mati atau tanwin dan setoran hafalan yang sudah di hafal, anak-anak murojaah hafalan lalu di simak oleh umi.
Materi Pembelajaran :
1. Idzhar
Idzhar artinya jelas atau terang, nun mati atau tanwin dibaca jelas tanpa menahan ghunnah.
h 2. Idghom bigunnah
Idghom bigunnah artinya masuk disertai gunnah (dengung). Nun mati atau tanwin dimasukkan kedalam huruf berikutnya disertai menahan gunnah sekitar dua harakat.
3. Idghom bilagunnah
Masuk tanpa gunnah. Nun mati atau tanwin dimasukkan ke huruf berikutnya tanpa adanya gunnah ketika bertemu huruf ra dan la
4. Iklab
Iklab artinya membalik atau merubah. Nun mati atau tanwin dirubah seperti mim disertai menahan ghunnah sekitar dua harokat ketika bertemu huruf ba.
5. Ikhfa
Ikhfa artinya menyamarkan. Nun mati atau tanwin dibaca samar antara idzhar dan idghom disertai menahan ghunnah sekitar dua harakat ketika bertemu huruf (ك), (ق), (ف), (ظ), (ط), (ض), (ص), (ش), (س), (ز), (ذ), (د), (ج), (ث), (ت).
Skenario Pembelajaran :
m memahami tentang Al-Qur'an
m murojaah (membaca secara bersama-sama) di kelas sebelum mulai menghafal.
2. Mengulang-ulang bacaan yang masih perlu diperbaiki .
3. Guru menjelaskan hukum bacaan tajwid yang perlu dibenahi dengan cara menjelaskan secara teoritik di papan tulis.
4. Guru membaca ayat yang menjadi contoh materi tajwid yang sedang difahami bersama, diikuti oleh seluruh siswa di kelas.
5. Siswa mulai menghafalkan surat yang menjadi jadwalnya untuk dihafal secara individu.
6. Siswa menyetorkan hafalan kepada guru untuk selanjutnya diambil nilai secara individu.
Evaluasi :
Alhamdulillahirobbil’alamiin,
itulah tadi pembelajaran tahsin tahfidz kita pada hari ini. Semoga
apapun yang telah kita pelajari hari ini bisa menjadi ilmu yang berkah,
manfaat dan selalu Allah SWT. jaga hafalan kita agar kelak dapat menjadi
syafa’at di akhirat. Aamiin yarobbal’alamiin..
Tugas :
Untuk
tugas hari ini yaitu melanjutkan hafalan di rumah masing-masing, dengan
harapan pada pertemuan selanjutnya siswa mampu menyetorkan kepada guru
dengan baik, benar dan lancar. Terimakasih.
Demikian uraian materi tahsin tahfidz pada hari ini. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Terimakasih, Ummi akhiri..
Wallahulmuwaafiq ilaa aqwamitthoriq, Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar