MATERI AJAR TAHSIN & TAHFIDZ
Nama Guru :Enden Salamah, S.Pd.
Hari/Tanggal :Rabu, 20 November 2024
Kelas :2A
Mata Pelajaran :Tahsin Tahfidz
Materi :Hafalan QS. Al-Qadr ayat 4-5
Media/Alat Peraga:Juz Amma/Al-Qur'an
Capaian Pembelajaran:
Anak-anak bisa menyetorkan hafalan qs. Al-qadr ayat 4-5 dengan baik dan benar sesuai dengan tahsin tajwidnya.
Tujuan Pembelajaran:
1. Mampu membaca dengan baik dan benar sesuai tahsin tajwidnya.
2. Mampu menghafal dengan lancar.
Media Pembelajaran:
1. Al-qur'an /Juz amma
2. Penyampaian secara tatap muka langsung di kelas
Pembukaan:
Bismillahirrohmanirrohiim..
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Selamat pagi sholih dan sholihah, semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan perlindungan dari Allah SWT. Pada materi pembelajaran tahsin tahfidh hari ini kita akan "setoran hafalan qs. Al-qadr ayat 4-5 melanjutkan hafalan yang pekan lalu"
Materi Pembelajaran:
Sebelum shalih shalihah setoran hafalan qs. Al-qadr ayat 4-5 kita sama-sama murojaah hafalan yang pekan lalu terlebih dahulu yaitu qs. Al-qadr ayat 1-3 agar hafalan tetap terjaga.
Alhamdulillah shalih shalihah sudah murojaah.
Selanjutnya shalih shalihah menyetorkan hafalan qs. Al-qadr ayat 4-5 akan umi panggil sesuai absen.
Teks QS. Al-Qadr:
Video QS. Al-Qadr metode ummi:
Evaluasi Pembelajaran:
Alhamdulillahirobbil’alamiin,
itulah tadi pembelajaran tahsin tahfidz kita pada hari ini. Semoga
apapun yang telah kita pelajari hari ini bisa menjadi ilmu yang berkah,
manfaat dan selalu Allah SWT. jaga hafalan kita agar kelak dapat menjadi
syafa’at di akhirat. Aamiin yarobbal’alamiin..
1. Memahami tentang Al-Qur'an
2. Murojaah (membaca secara bersama-sama) di kelas sebelum mulai menghafal.
3. Mengulang-ulang bacaan yang masih perlu diperbaiki .
4. Guru menjelaskan hukum bacaan tajwid yang perlu dibenahi dengan cara menjelaskan di papan tulis.
5. Guru membaca ayat yang menjadi contoh materi tajwid yang sedang difahami bersama, diikuti oleh seluruh siswa di kelas.
6. Siswa mulai menghafalkan surat yang menjadi jadwalnya untuk dihafal secara individu.
7. Siswa menyetorkan hafalan kepada guru untuk selanjutnya diambil nilai secara individu.
Tugas :
Untuk
tugas hari ini yaitu melanjutkan hafalan di rumah masing-masing, dengan
harapan pada pertemuan selanjutnya siswa mampu menyetorkan kepada guru
dengan baik, benar dan lancar serta siswa siswi diharapkan selalu
murojaah hafalan yang sudah di setorkan. Pertemuan selanjutnya kita akan murojaah bersama-sama qs. Al-qoriah sampai qs. Al-qadr dan akan di simak oleh umi maju satu persatu.
Demikian uraian materi tahsin tahfidz pada hari ini. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Terimakasih, Ummi akhiri..
Wallahulmuwaafiq ilaa aqwamitthoriq, Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar