Minggu, 05 Januari 2025

TAHSIN TAHFIDZ KELAS 2C/II (Pertemuan ke 19)

 

  MATERI AJAR TAHSIN & TAHFIDZ

 

Nama Guru            :Enden Salamah, S.Pd.

Hari/Tanggal         :Senin, 6 januari 2025

Kelas                     :2C

Mata Pelajaran      :Tahsin Tahfidz

Materi                   :Murojaah hafalan QS. Al-qoriah - QS. Al-qadr dan setoran hafalan QS. Alaq ayat 1-5

Media/Alat Peraga:Juz Amma/Al-Qur'an


 Capaian Pembelajaran:

Anak-anak bisa lancar murojaah  QS. Al-qoriah sampai QS. Al-qadr dengan baik dan benar sesuai dengan tahsin tajwidnya serta anak-anak mampu menghafal qs. al-alaq ayat 1-5 dengan lancar sesuia dengan tahsin tajwidnya.

Tujuan Pembelajaran:

1. Mampu membaca dengan baik dan benar sesuai tahsin tajwidnya.

2. Mampu menghafal dengan lancar.

     Media Pembelajaran:

1. Al-qur'an /Juz amma

2. Penyampaian secara tatap muka langsung di kelas

      Pembukaan:

Bismillahirrohmanirrohiim..

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Selamat pagi sholih dan sholihah, semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan perlindungan dari Allah SWT. Pada materi pembelajaran tahsin tahfidh hari ini kita akan "Murojaah hafalan QS. Qoriah sampai QS. al-qadr dan melanjutkan hafalan yaitu QS. Al-Alaq ayat 1-5"

 Materi Pembelajaran:

      Sebelum shalih shalihah setoran hafalan  qs. Al-alaq 1-5 kita sama-sama murojaah hafalan QS. Qoriah sampai QS. al-qadr terlebih dahulu agar hafalan tetap terjaga.

      Alhamdulillah shalih shalihah sudah murojaah. Selanjutnya shalih shalihah menyetorkan hafalan qs. Al-alaq 1-5 akan umi panggil sesuai absen.

     Teks QS. Al-alaq:

   Surat Al 'Alaq Ayat 1-19 Arab, Latin dan Arti Terjemahan | Juz Amma

    Video QS. Al-alaq metode ummi:

       Evaluasi Pembelajaran:

      Alhamdulillahirobbil’alamiin, itulah tadi pembelajaran tahsin tahfidz kita pada hari ini. Semoga apapun yang telah kita pelajari hari ini bisa menjadi ilmu yang berkah, manfaat dan selalu Allah SWT. jaga hafalan kita agar kelak dapat menjadi syafa’at di akhirat. Aamiin yarobbal’alamiin..

        Skenario Pembelajaran : 

1.    Memahami tentang Al-Qur'an

2.    Murojaah  (membaca secara bersama-sama) di kelas sebelum mulai menghafal.

3.    Mengulang-ulang bacaan yang masih perlu diperbaiki .

4.       Guru menjelaskan hukum bacaan tajwid yang perlu dibenahi dengan cara menjelaskan di papan tulis.

5.       Guru membaca ayat yang menjadi contoh materi tajwid yang sedang difahami bersama, diikuti oleh seluruh siswa di kelas.

6.       Siswa mulai menghafalkan  surat yang menjadi jadwalnya untuk dihafal secara individu.

7.       Siswa menyetorkan hafalan kepada guru untuk selanjutnya diambil nilai secara individu.

Tugas :

Untuk tugas hari ini yaitu melanjutkan hafalan di rumah masing-masing, dengan harapan pada pertemuan selanjutnya siswa mampu menyetorkan kepada guru dengan baik, benar dan lancar serta siswa siswi diharapkan selalu murojaah hafalan yang sudah di setorkan. Pertemuan selanjutnya kita akan melanjutkan hafalan qs. Al-alaq ayat 6-10

Demikian uraian materi tahsin tahfidz pada hari ini. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Terimakasih, Ummi akhiri..

Wallahulmuwaafiq ilaa aqwamitthoriq, Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TAHSIN TAHFIDZ KELAS 4B/II (Pertemuan ke 31)

  MATERI AJAR TAHSIN & TAHFIDZ                                                                Nama Guru             :Enden Salamah, S.P...