MATERI AJAR TAHSIN & TAHFIDZ
Nama Guru :Enden Salamah, S.Pd.
Hari/Tanggal :Kamis, 9 Januari 2025
Kelas :4C
Mata Pelajaran :Tahsin Tahfidz
Materi :Murojaah QS. Al-balad sampai QS. Al-fajr dan setoran hafalan QS. Al-Gasyiyah ayat 1-7
Media/Alat Peraga:Juz Amma/Al-Qur'an
Capaian Pembelajaran:
Anak-anak bisa Murojaah QS. Al-balad sampai QS. Al-fajr dengan lancar sesuai dengan tahsin tajwidnya dan bisa menyetorkan hafalan QS. Al-Gasyiyah ayat 1-7 dengan baik dan benar sesuai dengan tahsin tajwidnya.
Tujuan Pembelajaran:
1. Mampu membaca dengan baik dan benar sesuai tahsin tajwidnya.
2. Mampu menghafal dengan lancar.
Media Pembelajaran:
1. Al-qur'an /Juz amma
2. Penyampaian secara tatap muka langsung di kelas
Pembukaan:
Bismillahirrohmanirrohiim..
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Selamat pagi sholih dan sholihah, semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan perlindungan dari Allah SWT. Pada materi pembelajaran hari ini kita akan 'Murojaah QS. Al-balad sampai QS. Al-fajr dan setoran hafalan QS. Al-Gasyiyah ayat 1-7"
Materi Pembelajaran:
Sebelum shalih shalihah melanjutkan hafalan qs. al-gasyiyah ayat 1-7 kita sama-sama murojaah QS. Al-balad sampai QS. Al-fajr terlebih dahulu agar hafalan tetap terjaga.
Alhamdulillah shalih shalihah sudah sama-sama murojaah. Selanjutnya shalih shalihah hafalan qs. al-gasyiyah ayat 1-7 umi panggil untuk maju ke depan sesuai urutan absen.
Teks QS. Al-Gasyiyah:
Video QS. Al-Gasyiyah:
Evaluasi Pembelajaran:
Alhamdulillahirobbil’alamiin,
itulah tadi pembelajaran tahsin tahfidz kita pada hari ini. Semoga
apapun yang telah kita pelajari hari ini bisa menjadi ilmu yang berkah,
manfaat dan selalu Allah SWT. jaga hafalan kita agar kelak dapat menjadi
syafa’at di akhirat. Aamiin yarobbal’alamiin..
1. Memahami tentang Al-Qur'an
2. Murojaah (membaca secara bersama-sama) di kelas sebelum mulai menghafal.
3. Mengulang-ulang bacaan yang masih perlu diperbaiki .
4. Guru menjelaskan hukum bacaan tajwid yang perlu dibenahi dengan cara menjelaskan di papan tulis.
5. Guru membaca ayat yang menjadi contoh materi tajwid yang sedang difahami bersama, diikuti oleh seluruh siswa di kelas.
6. Siswa mulai menghafalkan surat yang menjadi jadwalnya untuk dihafal secara individu.
7. Siswa menyetorkan hafalan kepada guru untuk selanjutnya diambil nilai secara individu.
Tugas :
Untuk
tugas hari ini yaitu melanjutkan hafalan di rumah masing-masing dengan
harapan pada pertemuan selanjutnya siswa mampu menyetorkan kepada guru
dengan baik, benar dan lancar serta siswa siswi diharapkan selalu
murojaah hafalan yang sudah di setorkan. Materi pembelajaran pekan depan yaitu melanjutkan hafalan QS. Al-gasyiyah ayat 8-16.
Demikian uraian materi tahsin tahfidz pada hari ini. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Terimakasih, Ummi akhiri..
Wallahulmuwaafiq ilaa aqwamitthoriq, Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar