Senin, 05 Mei 2025

TAHSIN TAHFIDZ KELAS 2A/II (Pertemuan ke 29)

  MATERI AJAR TAHSIN & TAHFIDZ

                                          Kartun Muslimah Lucu Dengan Salam Islami Assalamualaikum, Gambar Profil  Kartun Muslimah, Kartun Muslimah, Kartun Muslimah Lucu Berhijab PNG  Transparan Clipart dan File PSD untuk Unduh Gratis

Nama Guru            :Enden Salamah, S.Pd. 

Hari/Tanggal         :Rabu, 7 Mei 2025

Kelas                     :2A

Mata Pelajaran      :Tahsin Tahfidz

Materi                   :Murojaah Qs. Al-alaq sampai Qs. Ad-dhuha

Media/Alat Peraga:Juz Amma/Al-Qur'an


 Capaian Pembelajaran:

Anak-anak mampu murojaah Qs. Al-alaq sampai Qs. Ad-dhuha dengan lancar dan benar sesuai dengan tahsin tajwidnya

Tujuan Pembelajaran:

1. Mampu membaca dengan baik dan benar sesuai tahsin tajwidnya.

2. Mampu menghafal dengan lancar.

     Media Pembelajaran:

1. Al-qur'an /Juz amma

2. Penyampaian secara tatap muka langsung di kelas

      Pembukaan:

Bismillahirrohmanirrohiim..

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Selamat pagi sholih dan sholihah, semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan perlindungan dari Allah SWT. Pada materi pembelajaran tahsin tahfidh hari ini kita akan murojaah Qs. Al-alaq sampai Qs. Ad-dhuha

 Materi Pembelajaran:

     1. QS. Al-alaq:

  Surat Al-Alaq Asbabun Nuzul, Pesan Inti, Keutamaan, dan Tulisannya 

2. QS. At-tin:

  Surat At Tin Ayat 1-8 Arab, Latin dan Arti Terjemahan | Juz Amma  

3. QS. Al-insyirah:

  Surat Al Insyirah: Arab, Artinya, Tafsir, Asbabun Nuzul

     4. QS. Ad-dhuha:

       Asbabun Nuzul Surah Adl-Dluhaa | alqur'anmulia

                    Evaluasi Pembelajaran:

      Alhamdulillahirobbil’alamiin, itulah tadi pembelajaran tahsin tahfidz kita pada hari ini. Semoga apapun yang telah kita pelajari hari ini bisa menjadi ilmu yang berkah, manfaat dan selalu Allah SWT. jaga hafalan kita agar kelak dapat menjadi syafa’at di akhirat. Aamiin yarobbal’alamiin..

        Skenario Pembelajaran : 

1.    Memahami tentang Al-Qur'an

2.    Murojaah  (membaca secara bersama-sama) di kelas sebelum mulai menghafal.

3.    Mengulang-ulang bacaan yang masih perlu diperbaiki .

4.       Guru menjelaskan hukum bacaan tajwid yang perlu dibenahi dengan cara menjelaskan di papan tulis.

5.       Guru membaca ayat yang menjadi contoh materi tajwid yang sedang difahami bersama, diikuti oleh seluruh siswa di kelas.

6.       Siswa mulai menghafalkan  surat yang menjadi jadwalnya untuk dihafal secara individu.

7.       Siswa menyetorkan hafalan kepada guru untuk selanjutnya diambil nilai secara individu.

Tugas :

Untuk tugas hari ini yaitu melanjutkan hafalan di rumah masing-masing, dengan harapan pada pertemuan selanjutnya siswa mampu menyetorkan kepada guru dengan baik, benar dan lancar serta siswa siswi diharapkan selalu murojaah hafalan yang sudah di setorkan. Pertemuan selanjutnya kita akan hafalan QS. Al-lail ayat 1-5.

Demikian uraian materi tahsin tahfidz pada hari ini. Kita tutup dengan doa khotmil qur'an dan doa kifaratul majlis. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan kepada Allah SWT umi mohon ampun. Terimakasih, Ummi akhiri..

                 Lettering Tipografi Tulisan Tangan Tetap Semangat Manfaatkan Waktu Untuk  Murojaah Vektor Ilustrasi, Tulisan, Tipografi, Tulisan Tangan PNG  Transparan Clipart dan File PSD untuk Unduh Gratis

Wallahulmuwaafiq ilaa aqwamitthoriq, Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TAHSIN TAHFIDZ KELAS 4B/II (Pertemuan ke 31)

  MATERI AJAR TAHSIN & TAHFIDZ                                                                Nama Guru             :Enden Salamah, S.P...