Selasa, 20 Mei 2025

TAHSIN TAHFIDZ KELAS 4C/II (Pertemuan ke 31)

 MATERI AJAR TAHSIN & TAHFIDZ     

 

                                                   Character  

Nama Guru            :Enden Salamah, S.Pd.

Hari/Tanggal         :Kamis, 22 Mei 2025

Kelas                     :4C

Mata Pelajaran      :Tahsin Tahfidz

Materi                   :Setoran hafalan QS. Al-buruj ayat 8-10.

Media/Alat Peraga:Juz Amma/Al-Qur'an


 Capaian Pembelajaran:

Anak-anak bisa menyetorkan hafalan  QS. Al-buruj ayat 8-10.  dengan baik dan benar sesuai dengan tahsin tajwidnya.

Tujuan Pembelajaran:

1. Mampu membaca dengan baik dan benar sesuai tahsin tajwidnya.

2. Mampu menghafal dengan lancar.

     Media Pembelajaran:

1. Al-qur'an /Juz amma

2. Penyampaian secara tatap muka langsung di kelas

      Pembukaan:

Bismillahirrohmanirrohiim..

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Selamat pagi sholih dan sholihah, semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan perlindungan dari Allah SWT. Pada materi pembelajaran hari ini kita akan "Setoran hafalan qs. Al-buruj ayat 8-10."

 Materi Pembelajaran:

      Sebelum shalih shalihah melanjutkan hafalan  QS. Al-buruj ayat 8-10. kita sama-sama murojaah hafalan QS. Al-a'la dan QS. At-thariq terlebih dahulu agar hafalan tetap terjaga.

      Alhamdulillah shalih shalihah sudah sama-sama murojaah. Selanjutnya shalih shalihah hafalan  QS. Al-buruj ayat 8-10. umi panggil untuk maju ke depan sesuai urutan absen.

 

Teks QS. Al-buruj:

  Surat Al Buruj Ayat 1-22 Arab, Latin dan Arti Terjemahan | Juz Amma

Video QS. Al-buruj:

 


       Evaluasi Pembelajaran:

      Alhamdulillahirobbil’alamiin, itulah tadi pembelajaran tahsin tahfidz kita pada hari ini. Semoga apapun yang telah kita pelajari hari ini bisa menjadi ilmu yang berkah, manfaat dan selalu Allah SWT. jaga hafalan kita agar kelak dapat menjadi syafa’at di akhirat. Aamiin yarobbal’alamiin..

        Skenario Pembelajaran : 

1.    Memahami tentang Al-Qur'an

2.    Murojaah  (membaca secara bersama-sama) di kelas sebelum mulai menghafal.

3.    Mengulang-ulang bacaan yang masih perlu diperbaiki .

4.       Guru menjelaskan hukum bacaan tajwid yang perlu dibenahi dengan cara menjelaskan di papan tulis.

5.       Guru membaca ayat yang menjadi contoh materi tajwid yang sedang difahami bersama, diikuti oleh seluruh siswa di kelas.

6.       Siswa mulai menghafalkan  surat yang menjadi jadwalnya untuk dihafal secara individu.

7.       Siswa menyetorkan hafalan kepada guru untuk selanjutnya diambil nilai secara individu.

Tugas :

Untuk tugas hari ini yaitu melanjutkan hafalan di rumah masing-masing dengan harapan pada pertemuan selanjutnya siswa mampu menyetorkan kepada guru dengan baik, benar dan lancar serta siswa siswi diharapkan selalu murojaah hafalan yang sudah di setorkan. Materi pembelajaran pekan depan yaitu hafalan QS. Al-buruj 11-15.

Demikian uraian materi tahsin tahfidz pada hari ini. Kita tutup dengan doa khotmil qur'an dan doa kifaratul majlis. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan kepada Allah SWT umi mohon ampun. Terimakasih, Ummi akhiri..

                Lettering Tipografi Tulisan Tangan Tetap Semangat Manfaatkan Waktu Untuk  Murojaah Vektor Ilustrasi, Tulisan, Tipografi, Tulisan Tangan PNG  Transparan Clipart dan File PSD untuk Unduh Gratis

Wallahulmuwaafiq ilaa aqwamitthoriq, Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TAHSIN TAHFIDZ KELAS 4B/II (Pertemuan ke 31)

  MATERI AJAR TAHSIN & TAHFIDZ                                                                Nama Guru             :Enden Salamah, S.P...