MATERI AJAR TAHSIN & TAHFIDZ
Nama Guru :Enden Salamah, S.Pd.
Materi :Kiat Sukses Belajar Al-Qur'an dan Setoran Q.S Al-Balad
Kelas :4A
Hari/Tanggal :Selasa, 30 Agustus 2024
Semester :1 (Ganjil)
Pertemuan ke : 2 (Kedua)
Tujuan Pembelajaran :
1. Mampu memahami Al-Qur'an dengan baik dan benar sesuai tahsin tajwidnya.
2. Mampu menghafal dengan lancar.
Bismillahirrohmanirrohiim..
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Selamat
pagi anak sholih dan sholihah SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung, semoga kita
semua selalu diberikan kesehatan dan perlindungan dari Allah SWT.
Baik,
pada kesempatan hari ini kita akan belajar tentang memahami seputar
Al-Qur'an secara baik dan benar dan kita akan setoran hafalan Q.S Al-Balad.
Materi Pembelajaran :
1.! Kiat Sukses Belajar Al-Qur'an:
111. Niat ikhlas karena Allah SWT
222. Sungguh-sungguh/mujahadah
333. Sabar dan istiqomah
444. Yakin bahwa belajar Al-Qur'an adalah mudah
555. Memperhatikan adab-adab membaca Al-Qur'an
666. Tidak tergesa-gesa/membaca dengan tartil
777. Talaqqi kepada orang yang menguasai ilmu tajwid
888. Banyak praktek dan mengulang hingga bisa terucap secara refleks dari mulut dengan benar
999. Setiap hari harus ada waktu wajib bersama Al-Qur'an
1010. Disiplin dalam menerapkan setiap hukun-hukum tajwid
1111. Dengan suara yang terbaik
1112. Menggunakan mushaf yang standar (utsmani)
1113. Perbanyak berdoa
1114. Ber'azam untuk mengajarkan kembali
Teks Q.S Al-Balad:
بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
لَاۤ اُقۡسِمُ بِهٰذَا الۡبَلَدِۙ
وَاَنۡتَ حِلٌّ ۢ بِهٰذَا الۡبَلَدِۙ
وَوَالِدٍ وَّمَا وَلَدَ
لَقَدۡ خَلَقۡنَا الۡاِنۡسَانَ فِىۡ كَبَدٍؕ
اَيَحۡسَبُ اَنۡ لَّنۡ يَّقۡدِرَ عَلَيۡهِ اَحَدٌ
ۘيَقُوۡلُ اَهۡلَكۡتُ مَالًا لُّبَدًا
اَيَحۡسَبُ اَنۡ لَّمۡ يَرَهٗۤ اَحَدٌ
اَلَمۡ نَجۡعَلۡ لَّهٗ عَيۡنَيۡنِۙوَ
لِسَانًا وَّشَفَتَيۡنِۙوَ
هَدَيۡنٰهُ النَّجۡدَيۡنِۚ
فَلَا اقۡتَحَمَ الۡعَقَبَةَ
وَمَاۤ اَدۡرٰٮكَ مَا الۡعَقَبَةُ
فَكُّ رَقَبَةٍ
اَوۡ اِطۡعٰمٌ فِىۡ يَوۡمٍ ذِىۡ مَسۡغَبَةٍ
يَّتِيۡمًا ذَا مَقۡرَبَةٍ
اَوۡ مِسۡكِيۡنًا ذَا مَتۡرَبَةٍ
ثُمَّ كَانَ مِنَ الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا وَتَوَاصَوۡا بِالصَّبۡرِ وَتَوَاصَوۡا بِالۡمَرۡحَمَةِ
اُولٰٓٮِٕكَ اَصۡحٰبُ الۡمَيۡمَنَةِ
وَالَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا بِاٰيٰتِنَا هُمۡ اَصۡحٰبُ الۡمَشۡـَٔـمَةِ
عَلَيۡهِمۡ نَارٌ مُّؤۡصَدَةٌ
Siswa menyimak dan memahami bacaan Al-Qur’an berikut ini dengan baik dan benar sesuai yang di talaqi ibu guru di kelas.
m memahami tentang Al-Qur'an
m murojaah (membaca secara bersama-sama) di kelas sebelum mulai menghafal.
2. Mengulang-ulang bacaan yang masih perlu diperbaiki .
3. Guru menjelaskan hukum bacaan tajwid yang perlu dibenahi dengan cara menjelaskan secara teoritik di papan tulis.
4. Guru membaca ayat yang menjadi contoh materi tajwid yang sedang difahami bersama, diikuti oleh seluruh siswa di kelas.
5. Siswa mulai menghafalkan surat yang menjadi jadwalnya untuk dihafal secara individu.
6. Siswa menyetorkan hafalan kepada guru untuk selanjutnya diambil nilai secara individu.
Evaluasi :
Alhamdulillahirobbil’alamiin,
itulah tadi pembelajaran tahsin tahfidz kita pada hari ini. Semoga
apapun yang telah kita pelajari hari ini bisa menjadi ilmu yang berkah,
manfaat dan selalu Allah SWT. jaga hafalan kita agar kelak dapat menjadi
syafa’at di akhirat. Aamiin yarobbal’alamiin..
Tugas :
Untuk
tugas hari ini yaitu melanjutkan hafalan di rumah masing-masing, dengan
harapan pada pertemuan selanjutnya siswa mampu menyetorkan kepada guru
dengan baik, benar dan lancar. Terimakasih.
Demikian uraian materi tahsin tahfidz pada hari ini. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Terimakasih, Ummi akhiri..
Wallahulmuwaafiq ilaa aqwamitthoriq, Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar