MATERI AJAR TAHSIN & TAHFIDZ
Nama Guru :Enden Salamah, S.Pd.
Materi :Seputar Al-Qur'an dan Hafalan Q.S Al-Qori'ah
Kelas :2A dan 2B
Hari/Tanggal :Rabu, 31 2024
Semester :1 (Ganjil)
Pertemuan ke : 2 (Kedua)
Tujuan Pembelajaran :
1. Mampu memahami Al-Qur'an dengan baik dan benar sesuai tahsin tajwidnya.
2. Mampu menghafal dengan lancar.
Bismillahirrohmanirrohiim..
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Selamat
pagi anak sholih dan sholihah SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung, semoga kita
semua selalu diberikan kesehatan dan perlindungan dari Allah SWT.
Baik,
pada kesempatan hari ini kita akan belajar tentang memahami seputar
Al-Qur'an secara baik dan benar dan kita akan setoran hafalan Q.S
Al-Qori'ah, pertemuan sebelumnya umi sudah talaqi Q.S Al-qori'ah.
Materi Pembelajaran :
1.!1. Pengertian Al-Qur,an
aL Al-Qur'an adalah kalamullah yang mu'jiz, yang di turunkan kepada para nabi dan rasul dengan perantara malaikat jibril a.s., yang tertulis dalam mushaf, yang sampai kepada kita dengan mutawattir, yang tilawahnya bernilai ibadah, yang di mulai dengan surah al-fatihah dan di tutup dengan surat an-nas.
222. Nuzulul Qur'an
ge Gelombang pertama turunnya Al-Qur'an secara utuh dari Al lauhil mahfudz ke baitul izzah di langit dunia. sedangkan gelombang kedua turunnya Al-Qur'an secara berangsur-angsur kepada Nabi Muhammad SAW. Melalui perantara malaikat jibril selama kurang lebih 23 tahun, diawali surat al-alaq ayat 1-5 dan di akhiri surat al-baqarah ayat 281.
333. Makkiyah dan Madaniyyah
ay Ayat makkiyah adalah ayat yang turun sebelum Rasulullah SAW. Hijrah ke Madinah dan ayat Madaniyyah adalah ayat yang turun sesudah Rasulullah SAW. hijrah ke Madinah.
tt Teks Q.S Al-Qori'ah:
Siswa menyimak dan memahami bacaan Al-Qur’an berikut ini dengan baik dan benar sesuai yang di talaqi ibu guru di kelas.
m memahami tentang Al-Qur'an
m murojaah (membaca secara bersama-sama) di kelas sebelum mulai menghafal.
2. Mengulang-ulang bacaan yang masih perlu diperbaiki .
3. Guru menjelaskan hukum bacaan tajwid yang perlu dibenahi dengan cara menjelaskan secara teoritik di papan tulis.
4. Guru membaca ayat yang menjadi contoh materi tajwid yang sedang difahami bersama, diikuti oleh seluruh siswa di kelas.
5. Siswa mulai menghafalkan surat yang menjadi jadwalnya untuk dihafal secara individu.
6. Siswa menyetorkan hafalan kepada guru untuk selanjutnya diambil nilai secara individu.
Evaluasi :
Alhamdulillahirobbil’alamiin,
itulah tadi pembelajaran tahsin tahfidz kita pada hari ini. Semoga
apapun yang telah kita pelajari hari ini bisa menjadi ilmu yang berkah,
manfaat dan selalu Allah SWT. jaga hafalan kita agar kelak dapat menjadi
syafa’at di akhirat. Aamiin yarobbal’alamiin..
Tugas :
Untuk
tugas hari ini yaitu melanjutkan hafalan di rumah masing-masing, dengan
harapan pada pertemuan selanjutnya siswa mampu menyetorkan kepada guru
dengan baik, benar dan lancar. Terimakasih.
Demikian uraian materi tahsin tahfidz pada hari ini. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Terimakasih, Ummi akhiri..
Wallahulmuwaafiq ilaa aqwamitthoriq, Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar