Rabu, 31 Juli 2024

TAHSIN & TAHFIDZ KELAS 4C/I (Pertemuan ke 2)

  MATERI AJAR TAHSIN & TAHFIDZ

 

Nama Guru         :Enden Salamah, S.Pd.

Materi                 :Kiat Sukses Belajar Al-Qur'an dan Setoran Q.S Al-Balad

Kelas                   :4C

Hari/Tanggal       :Kamis,1 Agustus 2024

Semester             :1 (Ganjil)

Pertemuan ke     : 2 (Kedua)

 

Tujuan Pembelajaran :

1.       Mampu memahami Al-Qur'an dengan baik dan benar sesuai tahsin tajwidnya.

2.       Mampu menghafal dengan lancar.

Bismillahirrohmanirrohiim..

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Selamat pagi anak sholih dan sholihah SD Al-Azhar 1 Bandar Lampung, semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan perlindungan dari Allah SWT.

Baik, pada kesempatan hari ini kita akan belajar tentang memahami seputar Al-Qur'an secara baik dan benar dan kita akan setoran hafalan Q.S Al-Balad.

Materi Pembelajaran :

1.! Kiat Sukses Belajar Al-Qur'an:

111. Niat ikhlas karena Allah SWT

222. Sungguh-sungguh/mujahadah

333. Sabar dan istiqomah

444. Yakin bahwa belajar Al-Qur'an adalah mudah

555. Memperhatikan adab-adab membaca Al-Qur'an 

666. Tidak tergesa-gesa/membaca dengan tartil

777. Talaqqi kepada orang yang menguasai ilmu tajwid

888. Banyak praktek dan mengulang hingga bisa terucap secara refleks dari mulut dengan benar

999. Setiap hari harus ada waktu wajib bersama Al-Qur'an

1010. Disiplin dalam menerapkan setiap hukun-hukum tajwid

1111. Dengan suara yang terbaik

1112. Menggunakan mushaf yang standar (utsmani)

1113. Perbanyak berdoa

1114. Ber'azam untuk mengajarkan kembali

     

    Teks Q.S Al-Balad:

    

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

 

لَاۤ اُقۡسِمُ بِهٰذَا الۡبَلَدِۙ

وَاَنۡتَ حِلٌّ ۢ بِهٰذَا الۡبَلَدِۙ

وَوَالِدٍ وَّمَا وَلَدَ

لَقَدۡ خَلَقۡنَا الۡاِنۡسَانَ فِىۡ كَبَدٍؕ

اَيَحۡسَبُ اَنۡ لَّنۡ يَّقۡدِرَ عَلَيۡهِ اَحَدٌ‌

 ۘ‏يَقُوۡلُ اَهۡلَكۡتُ مَالًا لُّبَدًا

اَيَحۡسَبُ اَنۡ لَّمۡ يَرَهٗۤ اَحَدٌ

اَلَمۡ نَجۡعَلۡ لَّهٗ عَيۡنَيۡنِۙ‏وَ

لِسَانًا وَّشَفَتَيۡنِۙوَ

هَدَيۡنٰهُ النَّجۡدَيۡنِ‌ۚ

فَلَا اقۡتَحَمَ الۡعَقَبَةَ

وَمَاۤ اَدۡرٰٮكَ مَا الۡعَقَبَةُ

فَكُّ رَقَبَةٍ

اَوۡ اِطۡعٰمٌ فِىۡ يَوۡمٍ ذِىۡ مَسۡغَبَةٍ

يَّتِيۡمًا ذَا مَقۡرَبَةٍ

اَوۡ مِسۡكِيۡنًا ذَا مَتۡرَبَةٍ

ثُمَّ كَانَ مِنَ الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا وَتَوَاصَوۡا بِالصَّبۡرِ وَتَوَاصَوۡا بِالۡمَرۡحَمَةِ

اُولٰٓٮِٕكَ اَصۡحٰبُ الۡمَيۡمَنَةِ

وَالَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا بِاٰيٰتِنَا هُمۡ اَصۡحٰبُ الۡمَشۡـَٔـمَةِ

عَلَيۡهِمۡ نَارٌ مُّؤۡصَدَةٌ


Siswa menyimak dan memahami bacaan Al-Qur’an berikut ini dengan baik dan benar sesuai yang di talaqi ibu guru di kelas.

     Skenario Pembelajaran : 

m   memahami tentang Al-Qur'an

m   murojaah  (membaca secara bersama-sama) di kelas sebelum mulai menghafal.

2.    Mengulang-ulang bacaan yang masih perlu diperbaiki .

3.       Guru menjelaskan hukum bacaan tajwid yang perlu dibenahi dengan cara menjelaskan secara teoritik di papan tulis.

4.       Guru membaca ayat yang menjadi contoh materi tajwid yang sedang difahami bersama, diikuti oleh seluruh siswa di kelas.

5.       Siswa mulai menghafalkan  surat yang menjadi jadwalnya untuk dihafal secara individu.

6.       Siswa menyetorkan hafalan kepada guru untuk selanjutnya diambil nilai secara individu.

Evaluasi :

Alhamdulillahirobbil’alamiin, itulah tadi pembelajaran tahsin tahfidz kita pada hari ini. Semoga apapun yang telah kita pelajari hari ini bisa menjadi ilmu yang berkah, manfaat dan selalu Allah SWT. jaga hafalan kita agar kelak dapat menjadi syafa’at di akhirat. Aamiin yarobbal’alamiin..

Tugas :

Untuk tugas hari ini yaitu melanjutkan hafalan di rumah masing-masing, dengan harapan pada pertemuan selanjutnya siswa mampu menyetorkan kepada guru dengan baik, benar dan lancar. Terimakasih.

Demikian uraian materi tahsin tahfidz pada hari ini. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Terimakasih, Ummi akhiri..

Wallahulmuwaafiq ilaa aqwamitthoriq, Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TAHSIN TAHFIDZ KELAS 4B/II (Pertemuan ke 31)

  MATERI AJAR TAHSIN & TAHFIDZ                                                                Nama Guru             :Enden Salamah, S.P...