MATERI AJAR TAHSIN & TAHFIDZ
Nama Guru :Enden Salamah, S.Pd.
Hari/Tanggal :Rabu, 6 November 2024
Kelas :2A
Mata Pelajaran :Tahsin Tahfidz
Materi :Mencocokan Serta Mencari Huruf Hijaiyyah
Media/Alat Peraga:Juz Amma/Al-Qur'an, Alat Peraga
Capaian Pembelajaran:
Anak-anak bisa mengenal huruf hijaiyyah dengan baik dan benar sesuai dengan makhrojnya serta sesuai dengan tahsin tajwidnya.
Tujuan Pembelajaran:
1. Mampu membaca dengan baik dan benar sesuai tahsin tajwidnya.
2. Mampu menghafal dengan lancar.
3. Mampu mengenal dan memahami huruf hijaiyyah sesuai dengan makhrojnya
Media Pembelajaran:
1. Al-qur'an /Juz amma
2. Alat peraga
3. Penyampaian secara tatap muka langsung di kelas
Pembukaan:
Bismillahirrohmanirrohiim..
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh
Selamat pagi sholih dan sholihah, semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan perlindungan dari Allah SWT. Pada materi pembelajaran tahsin tahfidh hari ini kita akan belajar "Huruf Hijaiyyah"
Materi Pembelajaran:
1. Mengenal huruf hijaiyyah
Sebelum shalih shalihah belajar untuk mencocokan serta mencari huruf hijaiyyah, kita sama-sama murojaah hafalan yang pekan lalu terlebih dahulu yaitu qs. Al-bayyinah agar hafalan tetap terjaga.
Alhamdulillah shalih shalihah sudah sama-sama murojaah qs. Al-bayyinah. Selanjutnya shalih shalihah mendengarkan materi mengenai huruf hijaiyyah setelah itu shalih shalihah maju ke depan untuk belajar "mencocokan serta mencari huruf hijaiyyah"
Teks Huruf Hijaiyyah:
Video Pembelajaran Huruf Hijaiyyah:
Evaluasi Pembelajaran:
Alhamdulillahirobbil’alamiin,
itulah tadi pembelajaran tahsin tahfidz kita pada hari ini. Semoga
apapun yang telah kita pelajari hari ini bisa menjadi ilmu yang berkah,
manfaat dan selalu Allah SWT. jaga hafalan kita agar kelak dapat menjadi
syafa’at di akhirat. Aamiin yarobbal’alamiin..
1. Memahami tentang Al-Qur'an
2. Murojaah (membaca secara bersama-sama) di kelas sebelum mulai menghafal.
3. Mengulang-ulang bacaan yang masih perlu diperbaiki .
4. Guru menjelaskan hukum bacaan tajwid yang perlu dibenahi dengan cara menjelaskan di papan tulis.
5. Guru membaca ayat yang menjadi contoh materi tajwid yang sedang difahami bersama, diikuti oleh seluruh siswa di kelas.
6. Siswa mulai menghafalkan surat yang menjadi jadwalnya untuk dihafal secara individu.
7. Siswa menyetorkan hafalan kepada guru untuk selanjutnya diambil nilai secara individu.
Tugas :
Untuk tugas hari ini yaitu melanjutkan hafalan di rumah masing-masing, dengan harapan pada pertemuan selanjutnya siswa mampu menyetorkan kepada guru dengan baik, benar dan lancar serta siswa siswi diharapkan selalu murojaah hafalan yang sudah di setorkan.
Demikian uraian materi tahsin tahfidz pada hari ini. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Terimakasih, Ummi akhiri..
Wallahulmuwaafiq ilaa aqwamitthoriq, Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar