Selasa, 05 November 2024

TAHSIN & TAHFIDZ KELAS 2B/I (Pertemuan 15)

  MATERI AJAR TAHSIN & TAHFIDZ

 

Nama Guru            :Enden Salamah, S.Pd.

Hari/Tanggal         :Rabu, 6 November 2024

Kelas                     :2B

Mata Pelajaran      :Tahsin Tahfidz

Materi                   :Mencocokan Serta Mencari Huruf Hijaiyyah

Media/Alat Peraga:Juz Amma/Al-Qur'an, Alat Peraga


 Capaian Pembelajaran:

Anak-anak bisa mengenal huruf hijaiyyah dengan baik dan benar sesuai dengan makhrojnya serta sesuai dengan tahsin tajwidnya.

Tujuan Pembelajaran:

1. Mampu membaca dengan baik dan benar sesuai tahsin tajwidnya.

2. Mampu menghafal dengan lancar.

3. Mampu mengenal dan memahami huruf hijaiyyah sesuai dengan makhrojnya

     Media Pembelajaran:

1. Al-qur'an /Juz amma

2. Alat peraga

3. Penyampaian secara tatap muka langsung di kelas

      Pembukaan:

Bismillahirrohmanirrohiim..

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Selamat pagi sholih dan sholihah, semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan perlindungan dari Allah SWT. Pada materi pembelajaran tahsin tahfidh hari ini kita akan belajar  "Huruf Hijaiyyah"

 Materi Pembelajaran:

 1. Mengenal huruf hijaiyyah

      Sebelum shalih shalihah belajar untuk mencocokan serta mencari huruf hijaiyyah, kita sama-sama murojaah hafalan yang pekan lalu terlebih dahulu yaitu qs. Al-bayyinah agar hafalan tetap terjaga.

      Alhamdulillah shalih shalihah sudah sama-sama murojaah qs. Al-bayyinah. Selanjutnya shalih shalihah mendengarkan materi mengenai huruf hijaiyyah setelah itu shalih shalihah maju ke depan untuk belajar "mencocokan serta mencari huruf hijaiyyah"

 

     Teks Huruf Hijaiyyah:

   Huruf Hijaiyah Gambar PNG | File Vektor Dan PSD | Unduh Gratis Di Pngtree 

Video Pembelajaran Huruf Hijaiyyah:

 


       Evaluasi Pembelajaran:

      Alhamdulillahirobbil’alamiin, itulah tadi pembelajaran tahsin tahfidz kita pada hari ini. Semoga apapun yang telah kita pelajari hari ini bisa menjadi ilmu yang berkah, manfaat dan selalu Allah SWT. jaga hafalan kita agar kelak dapat menjadi syafa’at di akhirat. Aamiin yarobbal’alamiin..

        Skenario Pembelajaran : 

1.    Memahami tentang Al-Qur'an

2.    Murojaah  (membaca secara bersama-sama) di kelas sebelum mulai menghafal.

3.    Mengulang-ulang bacaan yang masih perlu diperbaiki .

4.       Guru menjelaskan hukum bacaan tajwid yang perlu dibenahi dengan cara menjelaskan di papan tulis.

5.       Guru membaca ayat yang menjadi contoh materi tajwid yang sedang difahami bersama, diikuti oleh seluruh siswa di kelas.

6.       Siswa mulai menghafalkan  surat yang menjadi jadwalnya untuk dihafal secara individu.

7.       Siswa menyetorkan hafalan kepada guru untuk selanjutnya diambil nilai secara individu.

Tugas :

Untuk tugas hari ini yaitu melanjutkan hafalan di rumah masing-masing, dengan harapan pada pertemuan selanjutnya siswa mampu menyetorkan kepada guru dengan baik, benar dan lancar serta siswa siswi diharapkan selalu murojaah hafalan yang sudah di setorkan.

Kesimpulan:

Alhamdulillah siswa siswi kelas 2B berjumlah 21 anak telah memahami huruf hijaiyyah dengan baik dan benar, serta telah lancar murojaah hafalan pekan lalu yaitu murojaah QS. Al-bayyinah dengan baik dan lancar., Semoga apapun yang telah kita pelajari hari ini bisa menjadi ilmu yang berkah, manfaat dan selalu Allah SWT. jaga hafalan kita agar kelak dapat menjadi syafa'at di akhirat. Aamiin yarobbal'alamiin...

Demikian uraian materi tahsin tahfidz pada hari ini. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan. Terimakasih, Ummi akhiri..

Wallahulmuwaafiq ilaa aqwamitthoriq, Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TAHSIN TAHFIDZ KELAS 4B/II (Pertemuan ke 31)

  MATERI AJAR TAHSIN & TAHFIDZ                                                                Nama Guru             :Enden Salamah, S.P...